Halaman

Minggu, 05 Agustus 2018

Spesifikasi Antenna Grid & Antenna Omni-Directional


Assalamu'alaikum Wr.Wb 




Hai.... , Ini adalah artikel pertama yang saya bikin.Apakah sudah ada yang tau tentang antenna Grid dan Antena Omnidirectioanl? Nah maka dari itu kita akan membahas tentang Spesifikasi Antena Grid dan Antena Omnidirectional


Antenna Grid
Antenna Grid adalah alat yang dipakai untuk mengirim, menerima, memperkuat signal wireless untuk melakukan koneksi point to point, atau point to multipoint dalam bentuk antena. Antenna Grid ditujukan untuk hostspot diluar ruangan (outdoor). Antenna Grid ini merupakan antena wifi yang sering digunakan karena memiliki pola pancar dengan fokus pada suatu titik, sehingga sinyal yang dikirmkan terpancar dengan baik.

Antenna Grid terbagi menjadi 2 macam dengan frekuensi yang berbeda yaitu :
1. Grid Antena 2,4 GHz
2. Grid Antena 5,8 GHz
Dalam hal fisik Antenna grid terbagi menjadi 3, 24Db dengan frekuensi 2,4Ghz memiliki ukuran yang tak jauh berbeda dengan 30Db memiliki frekuensi 5,8Ghz. Namun berbeda dengan 27Db frekuensi 5,8Ghz, memiliki ukuran yang lebih kecil dari 24Db dan 30Db.
Antenna Grid memiliki jarak tembak sinyal yang cukup jauh, yakni sekitar 15 KM. Jangkauan sinyalnya sekitar 15-25 KM jika tidak ada hambatan.



Antena Omni-Directional
Antena Omni-Directional ini mempunyai sudut pancaran yang besar (wide beamwidth) yaitu 3600; dengan daya lebih meluas, jarak yang lebih pendek tetapi dapat melayani area yang luas Omni antena tidak dianjurkan pemakaian-nya, karena sifatnya yang terlalu luas se-hingga ada kemungkinan mengumpulkan sinyal lain yang akan menyebabkan inter-ferensi. antena omnidirectional mengirim atau menerima sinyal radio dari semua arah secara sama, biasanya digunakan untuk koneksi multiple point atau hotspot.

Sebuah antena Omnidirectional adalah antena daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. This pattern is often described as "donut shaped". Pola ini sering digambarkan sebagai "donat berbentuk". Omnidirectional antenna can be used to link multiple directional antenna in outdoor point-to-multipoint communication systems including cellular phone connections and TV broadcasts. Antena Omnidirectional dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa antena directional di outdoor point-to-multipoint komunikasi systems termasuk sambungan telepon selular dan siaran TV.

Antena omni mempunyai sifat umum radiasi atau pancaran sinyal 360-derajat yang tegak lurus ke atas. Omnidirectional antena secara normal mempunyai gain sekitar 3-12 dBi. Yang digunakan untuk hubungan Point-To-Multi-Point ( P2Mp) atau stu titik ke banyak titik di sekitar daerah pancaran. Yang baik bekerja dari jarak 1-5 km, akan menguntungkan jika client atau penerima menggunalan directional antenna atau antenna yang ter arah.Yang ditunjukkan di bawah adalah pola pancaran khas RFDG 140 omnidirectional antena. Radiasi yang horisontal dengan pancaran 360-derjat. Radiasi yang horisontal pada dasarnya E-Field.yang berbeda dengan, polarisasi yang vertikal adalah sangat membatasi potongan sinyal yang di pancarkan. Antena ini akan melayani atau hanya memberi pancaran sinyal pada sekelilingnya atau 360 derjat, sedamgkan pada bagian atas antena tidak memiliki sinyal radiasi.

Nah itu adalah pengertian dan fungsi  yang sikat, padat ,dan jelas. Semoga artikel yang saya buat menjadi pelajaran yang sangat bermanfaat untuk kita semua Amiin, Terima kasih atas kunjungannya.



Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar